Selasa, 06 Januari 2009

Kisi-Kisi LKS Makasar 08 IT - WEB DESIGN

KISI-KISI SOAL
KELOMPOK TEKNOLOGI INFORMASI
BIDANG LOMBA WEBDESIGN

A. Pendahuluan

LKS tahun 2008, bidang lomba Webdesign akan memperlombakan kompetensi pada kemampuan web design dan kemampuan web programming. Bidang lomba ini akan digarap secara individu, yang mewakili propinsi-propinsi di Indonesia.

Perlombaan ini menganut sistem fair play, yakni berlomba pada batasan yang sudah diketahui sebelumnya, kemampuan yang dituntut adalah kemampuan bekerja dengan cepat, tepat dan berhasil.


B. Kisi-kisi dan kriteria Lomba

Lomba yang dilaksanakan merupakan satu kesatuan yang utuh, mengacu pada kemampuan teori dan praktek khususnya pada kemampuan desain dan kemampuan pemrograman web.

Bentuk Soal
Bobot
Sifat
Pengerjaan Soal Praktek
100
Tertutup
Jumlah
100



C. Soal Praktek ( Bobot 100% )

Soal praktek berisikan soal untuk membuat sebuah website untuk memusatkan seluruh informasi tentang institusi pendidikan di Indonesia. Isi sudah dipersiapkan oleh panitia dalam bentuk file teks, gambar, dan file audio. Ketentuan-ketentuan yang harus ada dalam sebuah website mengacu pada sebuah website standar pada umumnya (homepage, banner, link, e-commerce, Static/Dinamis, pengelolaan administratif). Kemampuan pokok yang dituntut peserta dalam pembuatan website ini adalah :

1. Kemampuan Desain
· Tata Warna
· Desain Gambar
· Animasi
· Compresi Gambar, Sound dan Film
· Tampilan Menyeluruh

2. Kemampuan Programming
· Tampilan Input
· Tampilan Output
· Koneksi Database
· Tingkat Keberhasilan Eksekusi Data

Kedua kemampuan pokok tersebut harus digabungkan untuk menghasilkan sebuah website yang bagus tanpa mengabaikan kecepatan akses, keindahan desain dan tingkat keberhasilan dari database yang telah dibuat. Waktu yang diberikan untuk pembuatan keseluruhan website ini yaitu 10 jam (600 menit).


D. Kelengkapan Fasilitas

1. PC yang digunakan adalah sekelas Pentium Core 2 Duo dengan kelengkapan minimal : Memori 2GHz, Harddisk 120 GB, CD-ROM Drive 52x, Monitor 15” LCD, LAN Card, Wireless LAN, WiFi, Keyboard + Mouse PS/2, VGA Card 256MB, Speaker, Mouse Pad dan Driver.(lihat tabel)
2. Software yang digunakan: HTML dan software pendukungnya.
3. Masing-masing peserta harus mencoba terlebih dahulu komputer yang akan digunakan beserta kelengkapan software yang ada, karena kesalahan atau error yang terjadi selama perlombaan tidak akan diberikan tambahan waktu.
4. Kemacetan dan gangguan pada software merupakan resiko peserta.

DAFTAR ALAT DAN BAHAN

No
Nama Alat dan Bahan
Banyaknya
Keterangan
1
Komputer untuk peserta dengan spesifikasi :
· Motherboard Core 2 Duo 1.8GHz + Driver
· Lan Card, VGA Card 256MB
· Wireless LAN, WiFi
· Keyboard, Mouse PS/2
· Harddisk 120 GB 7200 RPM
· Memori 2GHZ MB
· CD Rom 52x
· Speaker, Microphone
· Monitor 15” LCD
37 Unit
Panitia
2
Komputer untuk juri (spesifikasi yang sama dengan peserta)
4 Unit
Panitia
3
UPS 10 kV
2 Unit
Panitia
4
Data / File Server
2 Unit
Panitia
5
CD DVD Burner - external
1 Unit
Panitia
6
CD Blank
50 Pcs
Panitia
7
Komputer untuk Sekretariat
2 Unit
Panitia
8
Printer untuk Sekretariat
2 Unit
Panitia
9
ATK
1 Paket


DAFTAR SOFTWARE PADA KOMPUTER

No.
Nama Program
Keterangan
1
Windows XP Profesional

2
Macromedia Studio CS 2 (Dreamweaver, Director, Flash, etc )

3
Adobe CS 2 (Photoshop, Illustrator, etc)

4
Sound Forge

5
Real Player

6
Windows Media Player

7
Shockwave Player

8
Textpad

9
Internet Explorer 6+

10
Firefox 2+
· Firebug Addon
· LiveHTTPHeaders
· User Agent Switcher
· Web Developer Toolbar
· X-Ray
· Professor X

11
MS Office 2003

12
My SQL

13
SQL Server 2000

14
VB Script

15
Localhost untuk PHP (Apache) 5+

16
PHPMyAdmin

17
PHP Manual

18
Localhost untuk ASP (IIS)

19
Content Websites (Text, Picture, Sound, Movie)

20
Flash Player





SKENARIO PELAKSANAAN LOMBA
WEB DESIGN

PEMBUKAAN


PRAKTEK


1
360
MENIT
PRAKTEK


2
240
MENIT
PRESENTASI
(240 MENIT)
PENUTUPAN
23
JUNI
2008
24
JUNI
2008
25
JUNI
2007
26
JUNI
2007
PENGECEKAN ALAT
REKAPITULASI PENILAIAN






















NB : Kegiatan pada technical meeting antara lain

1. Penjelasan lomba
2. Penjelasan tata tertib lomba
3. Penjelasan Pola / system penilaian
4. Pengundian nomor urut peserta

Kegiatan pada pengecekan alat & bahan antara lain

1. Pengecekan Hardware PC Client & PC SERVER
2. Pengecekan Software
3. Pengecekan Ruangan






TATA TERTIB

1. Peserta hadir 15 menit sebelum lomba dimulai, bagi yang terlambat harus mendapat izin masuk dari panitia.
2. Peserta yang tidak hadir sesuai dengan jadwal, dan atau melebihi 45 menit dari jadwal yang ditentukan dianggap mengundurkan diri.
3. Setiap daerah (Provinsi) hanya diwakili oleh 1 (satu) orang peserta.
4. Setiap peserta berpakaian seragam SMK tanpa identitas daerah / sekolah asal.
5. Penentuan nomor peserta dilakukan melalui undian, bagi peserta yang tidak mengikuti technical meeting, nomor undian ditentukan oleh panitia.
6. Selama perlombaan berlangsung setiap peserta wajib mengenakan Nomor Undian;
7. Peserta lomba menempati/ menggunakan peralatan lomba sesuai hasil undi;
8. Pelaksanaan lomba dilaksanakan 2 (dua) hari , dari tanggal 24 s.d.25 Juni 2008;
9. Total waktu lomba 10 jam ( 60 menit/jam ) dan diberikan waktu presentasi selama 10 menit untuk setiap peserta.
10. Waktu istirahat 60 menit untuk sholat, istirahat, dan makan;
11. Peserta tidak dapat melanjutkan lomba dikarenakan sakit atau hal-hal lain, maka dianggap gugur/ mengundurkan diri;
12. Peserta tidak dibenarkan berkonsultasi atau mendapat pengarahan teknis tentang pekerjaan (job) pada waktu kegiatan berlangsung dari pembimbing masing-masing kecuali dari tim juri;
13. Kegagalan/ keterlambatan pekerjaan tidak diberikan toleransi (misalnya karena lupa pekerjaan belum di-save);
14. Peserta lomba wajib melakukan pemeriksaan peralatan dan kebersihan lingkungan kerja;
15. Pemeriksaan peralatan dilakukan oleh peserta di depan juri dan panitia selama lebih kurang 120 menit sebelum perlombaan dimulai;
16. Kerusakan peralatan (hardware/software) akibat kesalahan prosedur yang dilakukan peserta, menjadi tanggung jawab peserta itu sendiri;
17. Tidak dibenarkan menggunakan peralatan (hardware/software) diluar ketentuan yang ada;
18. Pembimbing tidak dibenarkan masuk ke ruang lomba atau menghubungi peserta baik langsung maupun alat komunikasi pada saat lomba berlangsung dengan alasan apapun;
19. Ketentuan lain yang belum tercantum dalam tata tertib ini diputuskan oleh kebijakan juri (ditentukan kemudian sesuai kebutuhan);
20. Pelanggaran terhadap tata tertib ini akan diberikan sanksi berupa teguran sampai berupa pemberhentian sebagai peserta.

Tidak ada komentar: