Selasa, 06 Januari 2009

Kisi-Kisi LKS Makasar 08 IT - WEB DESIGN

KISI-KISI SOAL
KELOMPOK TEKNOLOGI INFORMASI
BIDANG LOMBA WEBDESIGN

A. Pendahuluan

LKS tahun 2008, bidang lomba Webdesign akan memperlombakan kompetensi pada kemampuan web design dan kemampuan web programming. Bidang lomba ini akan digarap secara individu, yang mewakili propinsi-propinsi di Indonesia.

Perlombaan ini menganut sistem fair play, yakni berlomba pada batasan yang sudah diketahui sebelumnya, kemampuan yang dituntut adalah kemampuan bekerja dengan cepat, tepat dan berhasil.


B. Kisi-kisi dan kriteria Lomba

Lomba yang dilaksanakan merupakan satu kesatuan yang utuh, mengacu pada kemampuan teori dan praktek khususnya pada kemampuan desain dan kemampuan pemrograman web.

Bentuk Soal
Bobot
Sifat
Pengerjaan Soal Praktek
100
Tertutup
Jumlah
100



C. Soal Praktek ( Bobot 100% )

Soal praktek berisikan soal untuk membuat sebuah website untuk memusatkan seluruh informasi tentang institusi pendidikan di Indonesia. Isi sudah dipersiapkan oleh panitia dalam bentuk file teks, gambar, dan file audio. Ketentuan-ketentuan yang harus ada dalam sebuah website mengacu pada sebuah website standar pada umumnya (homepage, banner, link, e-commerce, Static/Dinamis, pengelolaan administratif). Kemampuan pokok yang dituntut peserta dalam pembuatan website ini adalah :

1. Kemampuan Desain
· Tata Warna
· Desain Gambar
· Animasi
· Compresi Gambar, Sound dan Film
· Tampilan Menyeluruh

2. Kemampuan Programming
· Tampilan Input
· Tampilan Output
· Koneksi Database
· Tingkat Keberhasilan Eksekusi Data

Kedua kemampuan pokok tersebut harus digabungkan untuk menghasilkan sebuah website yang bagus tanpa mengabaikan kecepatan akses, keindahan desain dan tingkat keberhasilan dari database yang telah dibuat. Waktu yang diberikan untuk pembuatan keseluruhan website ini yaitu 10 jam (600 menit).


D. Kelengkapan Fasilitas

1. PC yang digunakan adalah sekelas Pentium Core 2 Duo dengan kelengkapan minimal : Memori 2GHz, Harddisk 120 GB, CD-ROM Drive 52x, Monitor 15” LCD, LAN Card, Wireless LAN, WiFi, Keyboard + Mouse PS/2, VGA Card 256MB, Speaker, Mouse Pad dan Driver.(lihat tabel)
2. Software yang digunakan: HTML dan software pendukungnya.
3. Masing-masing peserta harus mencoba terlebih dahulu komputer yang akan digunakan beserta kelengkapan software yang ada, karena kesalahan atau error yang terjadi selama perlombaan tidak akan diberikan tambahan waktu.
4. Kemacetan dan gangguan pada software merupakan resiko peserta.

DAFTAR ALAT DAN BAHAN

No
Nama Alat dan Bahan
Banyaknya
Keterangan
1
Komputer untuk peserta dengan spesifikasi :
· Motherboard Core 2 Duo 1.8GHz + Driver
· Lan Card, VGA Card 256MB
· Wireless LAN, WiFi
· Keyboard, Mouse PS/2
· Harddisk 120 GB 7200 RPM
· Memori 2GHZ MB
· CD Rom 52x
· Speaker, Microphone
· Monitor 15” LCD
37 Unit
Panitia
2
Komputer untuk juri (spesifikasi yang sama dengan peserta)
4 Unit
Panitia
3
UPS 10 kV
2 Unit
Panitia
4
Data / File Server
2 Unit
Panitia
5
CD DVD Burner - external
1 Unit
Panitia
6
CD Blank
50 Pcs
Panitia
7
Komputer untuk Sekretariat
2 Unit
Panitia
8
Printer untuk Sekretariat
2 Unit
Panitia
9
ATK
1 Paket


DAFTAR SOFTWARE PADA KOMPUTER

No.
Nama Program
Keterangan
1
Windows XP Profesional

2
Macromedia Studio CS 2 (Dreamweaver, Director, Flash, etc )

3
Adobe CS 2 (Photoshop, Illustrator, etc)

4
Sound Forge

5
Real Player

6
Windows Media Player

7
Shockwave Player

8
Textpad

9
Internet Explorer 6+

10
Firefox 2+
· Firebug Addon
· LiveHTTPHeaders
· User Agent Switcher
· Web Developer Toolbar
· X-Ray
· Professor X

11
MS Office 2003

12
My SQL

13
SQL Server 2000

14
VB Script

15
Localhost untuk PHP (Apache) 5+

16
PHPMyAdmin

17
PHP Manual

18
Localhost untuk ASP (IIS)

19
Content Websites (Text, Picture, Sound, Movie)

20
Flash Player





SKENARIO PELAKSANAAN LOMBA
WEB DESIGN

PEMBUKAAN


PRAKTEK


1
360
MENIT
PRAKTEK


2
240
MENIT
PRESENTASI
(240 MENIT)
PENUTUPAN
23
JUNI
2008
24
JUNI
2008
25
JUNI
2007
26
JUNI
2007
PENGECEKAN ALAT
REKAPITULASI PENILAIAN






















NB : Kegiatan pada technical meeting antara lain

1. Penjelasan lomba
2. Penjelasan tata tertib lomba
3. Penjelasan Pola / system penilaian
4. Pengundian nomor urut peserta

Kegiatan pada pengecekan alat & bahan antara lain

1. Pengecekan Hardware PC Client & PC SERVER
2. Pengecekan Software
3. Pengecekan Ruangan






TATA TERTIB

1. Peserta hadir 15 menit sebelum lomba dimulai, bagi yang terlambat harus mendapat izin masuk dari panitia.
2. Peserta yang tidak hadir sesuai dengan jadwal, dan atau melebihi 45 menit dari jadwal yang ditentukan dianggap mengundurkan diri.
3. Setiap daerah (Provinsi) hanya diwakili oleh 1 (satu) orang peserta.
4. Setiap peserta berpakaian seragam SMK tanpa identitas daerah / sekolah asal.
5. Penentuan nomor peserta dilakukan melalui undian, bagi peserta yang tidak mengikuti technical meeting, nomor undian ditentukan oleh panitia.
6. Selama perlombaan berlangsung setiap peserta wajib mengenakan Nomor Undian;
7. Peserta lomba menempati/ menggunakan peralatan lomba sesuai hasil undi;
8. Pelaksanaan lomba dilaksanakan 2 (dua) hari , dari tanggal 24 s.d.25 Juni 2008;
9. Total waktu lomba 10 jam ( 60 menit/jam ) dan diberikan waktu presentasi selama 10 menit untuk setiap peserta.
10. Waktu istirahat 60 menit untuk sholat, istirahat, dan makan;
11. Peserta tidak dapat melanjutkan lomba dikarenakan sakit atau hal-hal lain, maka dianggap gugur/ mengundurkan diri;
12. Peserta tidak dibenarkan berkonsultasi atau mendapat pengarahan teknis tentang pekerjaan (job) pada waktu kegiatan berlangsung dari pembimbing masing-masing kecuali dari tim juri;
13. Kegagalan/ keterlambatan pekerjaan tidak diberikan toleransi (misalnya karena lupa pekerjaan belum di-save);
14. Peserta lomba wajib melakukan pemeriksaan peralatan dan kebersihan lingkungan kerja;
15. Pemeriksaan peralatan dilakukan oleh peserta di depan juri dan panitia selama lebih kurang 120 menit sebelum perlombaan dimulai;
16. Kerusakan peralatan (hardware/software) akibat kesalahan prosedur yang dilakukan peserta, menjadi tanggung jawab peserta itu sendiri;
17. Tidak dibenarkan menggunakan peralatan (hardware/software) diluar ketentuan yang ada;
18. Pembimbing tidak dibenarkan masuk ke ruang lomba atau menghubungi peserta baik langsung maupun alat komunikasi pada saat lomba berlangsung dengan alasan apapun;
19. Ketentuan lain yang belum tercantum dalam tata tertib ini diputuskan oleh kebijakan juri (ditentukan kemudian sesuai kebutuhan);
20. Pelanggaran terhadap tata tertib ini akan diberikan sanksi berupa teguran sampai berupa pemberhentian sebagai peserta.

Kisi-Kisi LKS Makasar 08 IT - SOFTWARE APPLICATION

1. TECHNICAL/COMPETITION DESCRIPTION (TD)

This competition is designed to test specialist users of software applications. The skill involves the ability to:
o Undertake document processing
o Prepare and use a personal relational database
o Create and use spreadsheets
o From a given design create and use spreadsheets
o Produce and amend graphics and drawings
o Create and edit application macros and make use of software customization facilities (the competitor should be able to choose the method of creation/editing - no question should be of the level that could only be resolved using programming tools e.g. Vba)
o Create slide show presentations
o Access, store and use files on a local area network
o Organizing location of files and maintaining links between them
o Access different printers on a network
o Understand and use basic processes in a business-commercial environment
o Manipulate, present and communicate information in a business/commercial environment
o Prepare electronic files for viewing on the internet
o Access and retrieve data from a restricted on site intranet
o Exporting of documents to other forms, such as, pdf, text, csv files, or html documents to be viewed in a browser.

Generally, those skills are divided into four major groups of skill test:

Group
Software
Database
Microsoft Access 2003
Spreadsheet
Microsoft Excel 2003
Document Processing
Microsoft Word 2003
Graphic and Electronic Presentation
Microsoft PowerPoint 2003, Corel Draw 12, Adobe Photoshop CS3









2. DETAIL COMPETITION MATERIAL

Detail material of each group will be explained in this section.

2.1 Database Case Materials

Database and Table
Creating and Editing Database
Creating and Editing Tables
Changing Table Design
Import Data from others type of file (txt, xls, html, etc.)
Lookup Data
Customizing Field Properties (Format , Input Mask , Validation, look up etc)
Query
Creating Query (from more than one tables, adding new field, formatting fields in query, aggregation) and naming
Creating insert, update, and delete query
Using operators
Using functions
Using formulas
Form
Creating Single Form and naming
Creating Sub Form, including displaying different data/view in different tabs.
Creating form to view, entry, and querying data
Formatting form
Using Control Tool Box(checkbox, combo box, list box, image, etc.)
Using submit button and its combination (next, previous, print, close, save, delete, close, print, etc.), modifying navigation setting,
Modifying existing form
Able to display data from combination of more than one field
Report
Creating Report from one or more table(s) resource and naming
Inserting pictures in report
Report’s formatting, header, footer, page break, and subtotal etc.
Able to perform reports in letter formats (mail merge)
Switchboard
Creating Switchboard manager and naming
Able to open form or reports
Switchboard’s formatting, Inserting picture into switchboard, etc.








2.2 Spreadsheet Case Material

Cell Manipulation
Font, Color, Border
Formula & function
Arithmetic
Lookup function (vlookup, hlookup, etc)
Mathematic function
General function (sum, max, min, etc)
Logical function (if )
Macro
Toolbar form and control tool box (button, label, group box, check box, list box, etc)
Macro application using Vba ( reset form, search and retrieve data, etc)
Appending data
Data validation
Search and filtering data
Solver
Linear problem solving using solver
Setting goal
Setting changing variable
Setting constraint
Graph manipulation
Various type of graphic
Color setting
Scaling


2.3 Graphic & Presentation

Graphic – Corel Draw
Designing Logo, including Geometric shape, cutting, shaping and reshaping object, convert to curve, combining object, etc
Picture manipulation including color and shape editing, etc

Presentation
Slide template design and manipulation
Hyperlink in presentation
Inserting few types of components
Custom animation
Slide transition
Slide effect







2.4 Document Processing

Document manipulation
Manipulation of document and manipulation
Type and size of font
Background and foreground manipulation
Special layout design
Bullet & Numbering
Table manipulation
Table creation
Table’s border
Drawing
Special drawing shape
Inserting and manipulation picture
Using text box
Using word art
Using clip art
Document Template
Document template creation
Menu creation using macro
Macro
Creating additional toolbar
Creating additional menu
Creating macro to manipulate document
Document link
Header and footer
Mail Merge
Retrieving data from several data source to create mass letter
Field positioning and formatting
Miscellaneous
Security


3. COMPETITION SCENARIO

3.1 Opening Day

¨ Welcome ceremony

¨ Technical Briefing
1. Explanation of Competition rules
2. Explanation of technical description
3. Marking Schema
4. Competitor working place’s arrangement





¨ Familiarization
1. Hardware PC Client & PC SERVER checking
2. Software checking
3. Competition working place checking

3.2 Competition Day 1

No
Schedule
Activity
1.
08:00 – 10.00
Database 1
2.
10:00 – 10:15
Break and Submission
3.
10:15 – 12:15
Database 2
4.
12:15 – 13:15
Break + Lunch
5.
13:15 – 15:15
Spreadsheet 1

3.3 Competition Day 2

No
Schedule
Activity
6.
08:00 – 10.00
Spreadsheet 2
7.
10:00 – 10:15
Break and Submission
8.
10:15 – 12:15
Graphic
9.
12:15 – 13:15
Break + Lunch
10.
13:15 – 15:15
Electronic Presentation

3.4 Competition Day 3

No
Schedule
Activity
11.
08:00 – 10.00
Document Processing 1
12.
10:00 – 10:15
Break and Submission
13.
10:15 – 12:15
Document Processing 2
14.
12:15 – 13:15
Break + Lunch


4. MARKING GUIDELINE

Marking will be done after each module finished
Competitor that is capable to finish current module before submission time is not permitted to start doing the next module.
Competitors are not allowed to revise the submitted module after the submission time.
Competitors are not allowed to bring any electronic and printed material to competition area.
All marking is designed into objective category.
Jury is checking based on given check list. One checklist may contain more than one marking components. Missing or incorrect result on one of those components will be assumed as wrong answer.




Marking Percentage :
Ø Database : 25%
Ø Spreadsheet : 25%
Ø Graphic & Presentation : 25%
Ø Document Processing : 25%


5. FACILITIES

3.1 Hardware

The following machines and equipment will be made available to each competitor:
Computer for each competitor :
Motherboard duo core / core 2 duo + Driver, 1.8 GHz
LAN Card, VGA Card min 256 MB
Network capabilities of 100MBPS
Keyboard, Mouse PS/2
Hard disk min 80 GB 7200 RPM
Memory minimal 1 GB
Speaker, Microphone
Monitor LCD minimal 17”
File Server
CD/DVD Writer
CD Blank
Printer A3 Laserjet, speed min 28ppm
UPS 10 KW
Document holder and stationary

3.2 Software

The software used by competitors will be representative of widely accepted International software and may represent several software producers. One important aspect will be the integration potential between the various types of software. This will require a careful check but software of the following kind will be required for each computer system:

Microsoft Windows 2003
Microsoft Office 2003
Adobe Photoshop CS3
Corel Draw 12

Kisi-Kisi LKS Jatim 2007 IT PC/Network Suport

Kisi‐kisi dan Pedoman Pelaksanaan
Bidang lomba : IT PC/Network Support

A. Pendahuluan.

Lomba Teknologi Informasi akan memperlombakan kompetensi bidang IT PC dan Network Support. Bidang lomba ini akan dikerjakan secara mandiri atau satu orang yang mewakili sekolah yang mempunyai jurusan TKJ di Propinsi Jwa Timur.

B. Kisi‐kisi dan Kriteria Lomba.

Lomba dilakukan selama 2 hari. Bentuk lomba terdiri dari dua bagian yakni teori dan praktik, dimana setiap lomba dikerjakan secara individu. Ujian teori dilakukan setiap hari masing‐masing maksimal 1 jam, dimana materi teori relevan dengan materi praktik yang diujikan pada hari yang sama.

No
Bentuk Lomba
Bobot
Keterangan
1
Ujian Teori
30%
Soal dalam bahasa Inggris
2
Ujian Praktik
60%
Soal dalam bahasa Indonesia
3
Presentasi
10%
Dalam bahasa Indonesia

Jumlah
100%




C. Materi Ujian Teori (bobot 30 %)

Bentuk Soal teori berupa pilihan ganda (5 options) dalam bahasa inggris sebanyak 100 soal. Soal tersebut disiapkan oleh panitia dalam amplop yang tersegel, dan dibuka secara resmi oleh panitia dan pengawas dihadapan peserta ujian.

Sistem Penilaian :
Apabila peserta menjawab dengan benar, maka akan mendapatkan skor 1 dan jika menjawab salah, maka akan mendapat skor 0.

Ruang lingkup soal
Soal‐soal yang akan dikeluarkan dalam LKS ini meliputi materi :
a. Pemahaman tentang Hardware Komputer
b. Pemahaman tentang OS
c. Pemahaman tentang Windows
d. Pemahaman tentang Linux
e. Pemahaman tentang Browser dan Internet
f. Pemahaman dan keterampilan tentang Networking
g. Pemahaman dan Wireless LAN
h. Pemahaman tentang TCP/IP
i. Pemahaman tentang Server
j. Pemahaman tentang Client
k. Pemahaman dan keterampilan tentang Setup Server dan Management File
l. Pemahaman tentang Keamanan Jaringan


D. Materi Ujian Praktik (bobot 60%).
Ujian Praktik dilakukan selama 2 hari yang dikerjakan secara individu. Materi ujian praktik telah diusahakan diatur agar keberhasilan/kegagalan pada satu sesi tidak berpengaruh terhadap keberhasilan/kegagalan sesi selanjutnya.

1. Materi Ujian Praktik
a. Perakitan Komputer Server
b. Installing Operating System Windows untuk Client (opt)
c. Installing Operating System untuk Server
d. Jaringan :
i. Pemasangan Kabel UTP, RJ45
ii. Instalasi piranti jaringan
e. Administrasi client
i. Instalasi software dan konfigurasi
ii. Akses share folder
iii. Akses file system
iv. Konfigurasi jaringan
f. Administrasi Server :
i. Setting IP address
ii. SSH
iii. FTP
iv. DHCP
v. DNS
vi. Web Server
vii. Web Mail Server
viii. Proxy




E. Presentasi (bobot 10%).
Setiap peserta lomba diwajibkan untuk melakukan Presentasi tentang apa yang mereka lakukan (mengerjakan soal praktek) dalam bentuk Power Point.

F. Bobot Penilaian
Materi tersebut dibagi dalam sesi ujian teori dan ujian praktik dengan pembagian sebagai berikut:


Sesi
Hari
Materi
I‐1
1
Ujian Teori
I‐2
1
Perakitan PC Untuk Server
I‐3
1
Instalasi dan Konfigurasi Dasar Linux Debian untuk server
I‐4
1
Konfigurasi Linux Debian untuk Server
II‐1
2
Instalasi dan Konfigurasi untuk client
II‐2
2
Konfigurasi Linux untuk Server dan Service
II‐3
2
Presentasi


G. Bahan dan Peralatan
Secara detail bagian ini dijelaskan pada bagian Lembar Bahan dan Peralatan, sedangkan garis besar peralatan dan perkakas yang digunakan adalah sebagai berikut :


Yang disediakan oleh Panitia :
1. Perangkat PC Non Harddisk (PC server yang digunakan adalah sekelas Pentium IV, memory 256 MB, CD‐ROM Drive 50X yang baik, (sudah dirakit dan siap dibongkar dan dipasang kembali).
2. Meja Peserta
3. Kabel UTP
4. RJ 45


Yang disediakan oleh Peserta :
1. Laptop minimal PIV sebagai Client.
2. Switch/Hub
3. Harddisk SATA 80 GB/7200 RPM/New
4. Toolset Standart Jaringan dan crimping, pengupas kabel, kabel tester.


Software Yang Digunakan (disediakan oleh Panitia) :
1. Sistem Operating System Linux Debian 4 (yang support HD SATA)
2. Paket Software pendukung Server
3. Operating System Windows XP


Selamat Berlomba, Semoga Sukses